"Melayu Takkan Hilang Dibumi"

"Melayu takkan hilang di bumi" ini merupaka slogan yang sangat luar biasa. Saya sangat yakin slogan seperti ini tidak akan ada di miliki oleh suku atau etnis lain. Namun apakah semua ini cukup hanya jadi slogan saja. Inilah yang menjadi masalah nya, karena kita terlalu yakin dengan hal tersebut maka lambat laun melayu akan hilang dari peredaran etnis yang ada di bumi. Ini sudah dibuktikan oleh beberapa daerah yang masyarakat Pribumi nya adalah melayu, seperti Kota Medan misalnya, sekarang kalau anda bepergian keluar kota, Jakarta misalnya, begitu mengetahui anda berasal dari Medan orang akan bertanya" aha marga hamu lae" itu tanda nya diluar daerah Kota medan lebih dikenal dengan tapanuli, walaupun istana "Maimun" berdiri megah disana.

Jadi dalam hal ini yang di maksud mempertahan suku melayu tidak cukup hanya dengan berpakai melayu, punya istana melayu, atau hal - hal lain yang berbau melayu. Namun intinya adalah bagaimana memberdayakan masyarakat melayu itu sendiri, sehingga bisa berperanan penting dalam kehidupan sehari - hari, baik di masyarakat dan di pemerintahan. Saya mohon maaf, contoh diatas tidak hanya tejadi di kota Medan saja, tapi itu ter jadi di hampir semua yang daerah yang berpribumi melayu. Dan tidak ada maksud untuk mendeskredit salah satu suku, Pekanbaru misalnya, disana sangat sulit mencari orang melayu yang tidak bisa berbahasa "minang" hingga bahasa kesehariannya memakai bahasa minang.

Sebenarnya ada apa dengan suku melayu. ?

Disinilah dituntut peran serta pemerintah dalam melestarikan Budaya dan memberdayakan suku melayu sebagai salah satu suku terbesar di Indonesia. dari segi Kwantitas, namun sangat minor disegi kualitas. Hal ini di tulis sebagai bentuk kekhawatiran saya terhadap suku melayu, terutama di Kabupaten Batubara. Saya melihat Batubara karena memang saya putra Batubara dan tinggal di batubara.
lalu bagaiman menurut anda ?????

3 comments:

  1. pak, kenapa KTA PAN tony .salim belum selesai diurus ?

    ReplyDelete
  2. kalau sudah siap urus KTA PAN tolg titp sama ketua ranting PAN delitua saudara pak wisnu.kami dari segenap keluarga Partai Amanat NAsional kec.delitua mengucapkan selamat hari raya idul fitri ,mohon maaf lahir &bathin ,minal aidzin wal faidzin.

    ReplyDelete
  3. semoga PAN sukses kedepannya.

    ReplyDelete